Selasa, 08 Januari 2013

Sekilas Tentang Kuliner Bandung

Bandung, saya yang kelahiran Bandung merasa biasa biasa saja dalam melihat "Bandung" dalam hal ini tentang Kuliner nya. Tetapi kenyataannya Bandung Ibarat kan Ibu kota Kuliner Indonesia :) !.

Banyak sekali kuliner yang ditawarkan di Bandung ini mulai dari jajanan kaki lima, warung, restoran kelas melati, bintang 1, bintang 5, bintang kedjora dll  hehe,, akan banyak sekali dijumpai di Bandung ini. Ada makanan khas sunda, Indonesia, western,eastern atau pun jenis makanan yang telah berkolaborasi antara satu dengan yang lainnya.
Pada dasarnya orang sunda sangat menyukai "Main Course" nya itu makanan yang segar/mentah  bisa dilihat dari Nasi Timbel(nasi dibungkus daun pisang) yang lauknya yaitu bisa ayam goreng/bakar/pepes, ikan goreng/bakar/pepes, gepuk(daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas), ikan asin, sayur asam, tahu, tempe dan yang utamanya 'lalapan'. Lalapan adalah tanaman yang dikonsumsi sebagai lauk utama makanan sunda seperti : kol, mentimun, selada, terung, daun singkong, daun pepaya dll. juga ad pencok leunca, sayur kacang, dan tidak lupa 'Jendral' dalam menu khas sunda yaitu Sambal! Warung atau restoran makanan sunda berlomba menyajikan sambal dengan masing masing membawa khas daerah "sub suku sunda"  seperti garut,tasik, cianjur dll. yang menjadikan khas masing masing. Sangat sayang jika ke Bandung tidak mencicipi makanan Utama Khas Sunda ini!.
Orang Bandung ini sepertinya 'doyan' ngemil, bisa dilihat dengan banyaknya jenis makanan ringan/jajanan yang khas dan menggugah selera seperti : batagor, mie baso, mie kocok, baso tahu jika ke bandung anda dapat mencarinya di sekitar jalan burangrang, dago, karapitan, buahbatu (banyak sekali gerai di jalan tersebut). Ada juga Brownies( kue coklat khas US yg dikembangkan kembali oleh orang Bandung), pisang bolen/molen( pisang bersalut terigu ylalu di oven kan ), martabak ( rata rata martabak dibandung enak enak ), serabi, risoles, cendol Elisabeth ( cari daerah jalan otista ), yoghurt ( di bmc, cisangkuy ). Jangan lupa pastry dan roti rotian yang banyak dijumpai di Bandung  ada roti sidodadi(jalan otista - dalem kaum ), rasa bakery(tamblong), french(braga) dan masih banyak toko lainnya ( diharapkan anda mencari tahu sendiri jika anda berada di bandung, karena akan lebih menarik ! ). Minuman khas Bandung/ sunda pun jangan ketinggalan, selain cendol ada juga bandrek(gula merah dan jahe), bajigur( pati kelapa dan gula) sangat nikmat di minum pada malam hari ditemani oleh cemilan cemilan khas yang ringan dan alami. 
Ada juga jajanan 'jalanan' seperti cilok( aci di colok/ditusuk = tepung aci di bulat bulat menyerupai baso yang dimakan dengan saus tomat dan kecap ataupun bumbu kacang ), cireng ( aci di goreng ), cakue dan tandemnya odading ( sepertinya merupakan makanan pembauran antara suku china dan sunda ). Dan penganan khas dan sudah menjadi 'habit' ngemil nya orang Bandung yaitu: Gorengan ! /fried snack/hotsnack  terdiri dari gehu(toge tahu = tahu didalamnya dimasukan tauge lalu dibalut tepung terigu cair dan digoreng), bala bala/ bakwan ( macam macam sayuran yang di campurkan dengan terigu lalu digoreng ), pisang goreng, tempe goreng, comro( oncom dijero/didalam ), ubi goreng, ubi kayu/sampeu goreng, nangka goreng, nanas goreng, peyeum goreng. Anda akan mudah menjumpai penjual gorengan ini di jalan jalan kota maupun di komplek, perkampungan padat penduduk.
Jika anda berjalan jalan ke lembang( +/- 20 km ke sebelah utara kota Bandung ) anda akan banyak menjumpai penjual makanan ketan bakar( toast sticky rice) dan jagung bakar juga sate kelinci dan susu murni banyak juga di jumpai dari mulai jalan setiabudi atas hingga kota Lembang.
Mie baso dan nasi goreng sudah menjadi makanan yang sangat umum dijumpai di Bandung ini, meskipun bukan makanan asli sunda, tetapi makanan ini sudah mejadi 'kultur kuliner' nya lidah orang Bandung. Banyak sekali penjual makanan ini yang dapat dijumpai di Bandung mulai dari penjaja kaki lima, warung dan restauran.
Diseputaran kota Kembang ini (sebutan kota bandung * di artikel selanjutnya akan dibahas tentang sebutan 'kota kembang' ) banyak juga dijumpai warung/restauran makanan dari suku atau wilayah lain Indonesia seperti, makanan padang, melayu, aceh, makasar, jawa, menado dll. Dan juga makanan makanan asing seperti Jepang, Korea, Eropa, India, Thailand dan masih banyak lagi. 
Coba anda datang sendiri ke Bandung dan berburulah kuliner kuliner unik dan khas, di kota ini apalagi jika anda orang yang penasaran yang suka bertanya, untuk beberapa tempat penjualan makanan khas Bandung ini ada sejarahnya yang dapat menggelitik pikiran dan juga menambah wawasan tentang budaya, sosial, yang dll.

Selamat datang di Bandung, selamat menikmati kuliner nya yang dari waktu ke waktu bertambah variannya karena daya kreatifitas orang Bandung yang selalu 'update' dan unik.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar