Selasa, 08 Januari 2013

WISATA JAWA BARAT

KAWAH PUTIH

 Kawah Putih jaraknya yang cukup jauh dari kota Bandung,sekitar 2 - 3 jam, tempat ini berada di daerah Ciwidey. Pemandangannya indah, udaranya sejuk menjurus dingin. Di atas gunung yang berpasir warna putih, dan ditengahnya terdapat danau berwarna hijau, adalah suatu pemandangan yang cukup memanjakan mata. Tempat ini biasa diambil sebagai latar untuk foto pre wedding.
Tempat wisata yang indah ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Franz Wilhelm Junghuhn seorang seorang ahli botani Belanda yang peranakan Jerman. Sebelumnya tempat ini tidak pernah disinggahi bahkan oleh penduduk setempat, karena pendedek mengangggap tempat ini angker. Baru pada tahun 1983, pihak perhutani unit III Jawa Barat membuka kawasan ini sebagai obyek wisata untuk masyarakat umum.
Dikawasan ini, pengunjung dapat menikmati berbagai keindahan alam Danau Kawah Putih seperti air panas yang muncul dicelah bebatuan yang mengeluarkan bunyi letupan2 kecil dari gelembung gelembung air yang pecah, sesambil melihat pasir yang terhampar putih, tanaman tanaman langka seperti edelweis, cantiqi, vaccinium ,,sangat indah !. Pemandangan yang terhampar memanjakan mata dan rasa sehingga kenyamanan dalam fikiran dan jiwa akan mengalir deras memunculkan ekspresi kekaguman yang jika di ekspresikan secara verbal atau pun gerak sungguh tidak akan bisa termunculkan, karena kekaguman yang membuat nyaman itu hanya akan terasa oleh pikiran dan jiwa masing masing orang yang merasakannya.

Pengunjung juga dapat melihat perubahan warna air kawah tersebut, kadang hijau kebiru biruan, kadang juga kecokltan ketika matahari memancarkan sinar terangnya. Meski demikian, warna putih adalah warna dominan air kawah tersebut begitu juga dengan warna pasir dan bebatuannya
Akses dari Bandung ke Kawah Putih ini bila ditempuh dengan angkutan umum, dapat dengan angkutan umum(angkot) atau Bisa jurusan Bandung - Ciwidey yang di terminal bis Leuwi Panjang. Bagi yang memakai kendaraan pribadi, ya tinggal langsung saja jalan ke arah ciwidey. 

Harga tiket akhir akhir ini jika libur atau hari besar sangat tinggi bisa mencapai rp. 100.000,- / orang. dari harga tiket resmi yang berkisar Rp. 20.000,- an saja. Negolah, sepertinya bisa turun joy !

Di kawasan wisata ini terdapat fasilitas fasilitas penunjang seperti mushola, toilet, area parkir yang memadai, sentra cindera mata, dan pastinya warung warung jajanan yang menjual jagung bakar dan reus, strawberi dan lainnya.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, tidak usah khawatir karena sepanjang jalan disekitar kawasan ciwidey trdapat Villa, Hotel, Wisma yang dapat dijadikan tempat bermalam yang nyaman dengan harga yang bersahabat. Bagi yang ingin menginap secara alami terdapat juga penyewaan tenda. Okey Joy! selamat menikmati indahnya alam Priangan,,,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar